Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Menjadi Notaris by Notaris Bandung

Dedicated by Notaris Bandung
Kantor Notaris Bandung,Notaris Bandung,Notaris Kota Bandung,Notaris Bandung Kota, Akta Notaris
Syarat diangkat menjadi notaris sesuai dengan UUJN pasal 3 :

1. Warga negara Indonesia; Karena notaris adalah pejabat umum yang menjalankan sebagian dari fungsi publik dari negara, khususnya di bagian hukum perdata. Kewenangan ini tidak dapat diberikan kepada warga negara asing, karena menyangkut dengan menyimpan rahasia negara, notaris harus bersumpah setia atas Negara Republik Indonesia, sesuatu yang tidak mungkin bisa ditaati sepenuhnya oleh warga negara asing.
2. Berumur minimal 27 tahun; Umur 27 tahun dianggap sudah stabil secara mental.
3. Bertakwa kepada tuhan YME; Diharapkan notaris tidak akan melakukan perbuatan asusila, amoral dll.
4. Telah menjalani magang atau nyata-nyata telah bekerja sebagai karyawan notaris dalam waktu 1 tahun berturut-turut pada kantor notaris, atas prakarsa sendiri atau rekomendasi organisasi notaris setelah lulus magister kenotariatan; Supaya telah mengetahui praktek notaris, mengetahui struktur hukum yang dipakai dalam pembuatan aktanya, baik otentik ataupun di bawah tangan, dan mengetahui administrasi notaris.
5. Berijazah sarjana hukum dan lulusan strata dua kenotariatan; Telah mengerti dasar-dasar hukum Indonesia. 6. Tidak berstatus pegawai negeri, pejabat negara, advokat, pemimpin maupun karyawan BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta atau jabatan lain yang oleh undang-undang dilarang untuk dirangkap dengan jabatan notaris. Notaris tidak boleh merangkap jabatan karena notaris dilarang memihak dalam kaitannya sebagai pihak netral supaya tidak terjadi beturan kepentingan.